Hallo sobat.
Selamat datang di blog ini ya.
Hari ini saya akan membuat artikel tentang perhitungan matematika sederhana memakai aplikasi bernama netbeans dan menggunakan bahasa pemrograman yaitu Java.
Sedikit teori tentang Netbeans dan Java.
NetBeans :
Netbeans merupakan sebuah aplikasi
Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun
Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing sendiri merupakan sebuah
teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada
berbagai macam OS ( Sistem Operasi ) seperti Windows, linux, Mac OS X dan
Solaris.
Netbeans juga dapat digunakan
progammer untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan
program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu
dapat juga mendukung bahasa pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk
digunakan dan untuk membuat professional dekstop, enterprise, web, and mobile
applications dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti
PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby.
Java :
Java merupakan bahasa pemrograman
yang multi platform dan multi device. Bahasa pemrograman Java ini dapat dijalankan
hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit
perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya.
Aplikasi dengan
berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan
Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan
platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan
non-spesifik.
Kurang lebih seperti itu teori tentang Java dan Netbeans.
Jika ada yang merasa kurang mengerti, kamu bisa mencari pengertian lain tentang
Netbeans dan Java di google hehehe…
Lanjut ke topik artikel,
Kali ini saya akan membuat perhitungan sederhana matematika
nihh, kita share ilmu bareng bareng yaa..
yuk kita mulai.
Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat
perhitungan matematika sederhana ini ?
1) kita membuat aplikasi ini di komputer ( PC )
ya bray…
2) kalian harus mempunyai aplikasi Netbeans. Jika belum ada di PC kamu, kamu
bisa download Netbeans di google/web official Netbeans
3) kopi jika perlu hahaha….
1. Buka Aplikasi Netbeans
Gambar diatas merupakan tampilan awal aplikasi Netbeans ya
sob!
Disini saya memakai Netbeans versi 8.2.
Disini saya memakai Netbeans versi 8.2.
2. Membuat project dan class
Pada
saat di tampilan awal aplikasi netbeans, untuk membuat project baru klik yang
ditandai warna merah pada gambar diatas. Bisa juga dengan meng klik “File ->
New Poject”. Atau bisa juga dengan menggunakan keyboard kalian dengan menekan
tombol “CTRL+SHIFT+N”
Lanjut
ke membuat project.
-Tahap ini adalah proses pembuatan project baru.
pilih kategori “Java” dan pilih “Java Application” pada tab "Projects". Jika sudah, klik next.
pilih kategori “Java” dan pilih “Java Application” pada tab "Projects". Jika sudah, klik next.
-Pada tahap ini, kita harus menamakan project yang kita
buat. Project yang saya buat ini saya namakan “matematika” jika ingin meniru,
tidak masalah. Masalah nama ini bebas sesuka kalian yang membuat project ini. Jika
sudah selesai, klik “Finish”
Kenapa saya kasih keterangan uncheck ? karena kita akan
membuat main class sendiri. Jadi, lebih baik di uncheck pada tab “Create Main Class”
-Jika sudah klik finish, kalian sudah terbentuk projectnya.
nah, sekarang kita buat class nya. Klik kanan project kalian, akan muncul pilihan seperti gambar diatas. Lalu pilih “New->Java Class”.
nah, sekarang kita buat class nya. Klik kanan project kalian, akan muncul pilihan seperti gambar diatas. Lalu pilih “New->Java Class”.
-Lanjut, pada tahap ini jika sudah pilih java class, maka
akan muncul tampilan seperti gambar diatas.
kita harus memberikan nama pada class, nama class ini bebas sesuka kalian. Nama untuk class saya hitungmatematika. Jika sudah memberikan nama yang pas, klik “Finish”
*CATATAN : untuk memberikan nama class pada Java, nama tidak boleh ada spasi/space.
kita harus memberikan nama pada class, nama class ini bebas sesuka kalian. Nama untuk class saya hitungmatematika. Jika sudah memberikan nama yang pas, klik “Finish”
*CATATAN : untuk memberikan nama class pada Java, nama tidak boleh ada spasi/space.
-Pada gambar diatas merupakan layer awal untuk memasukkan
kode program java pada project yang kita buat. Bisa dilihat di gambar bahwa di
tulisan “public class hitungmatematika {}“ itu adalah space untuk memasukkan
kode pada class yang kita buat.
Sebelum kita ngoding/ngetik kode pemrograman, kita akan
memakai rumus dasar matematika, diantaranya :
1) Penjumlahan ( + ).
2) Pengurangan ( - ).
3) Perkalian ( * atau x ).
4) Pembagian ( / ).
1) Penjumlahan ( + ).
2) Pengurangan ( - ).
3) Perkalian ( * atau x ).
4) Pembagian ( / ).
Logika sederhana-nya gini. Kita mau membuat angka 1 dan
angka 2 itu terproses dengan rumus dasar matematika yang di atas disebutkan.
Maksudnya angka 1 dan angka 2 itu gimana
bang ?
angka 1 dan angka 2 itu adalah angka yang ingin kita masukkan ke dalam rumus dasar mtk tersebut.
angka 1 dan angka 2 itu adalah angka yang ingin kita masukkan ke dalam rumus dasar mtk tersebut.
contoh : penjumlahan ; 3 (angka 1 ) + 5 (
angka 2 ).
Sekarang kita buat dalam Bahasa programnya.
3. Ngetik Rumus
Ketik seperti pada gambar diatas.
- disitu ada kata “int” int itu
adalah integer. Integer itu termasuk tipe data.
beberapa contoh tipe data, antara lain :
1) Integer ( int )
2) Boolean
3) Character ( Char )
4) Float, dll.
beberapa contoh tipe data, antara lain :
1) Integer ( int )
2) Boolean
3) Character ( Char )
4) Float, dll.
kita disini memakai tipe data Integer.
kenapa kita memakai tipe data Integer ?
karena Integer itu tipe data khusus untuk mengolah angka saja. Rumus matematika itu menggunakan banyak angka, bukan huruf.
kenapa kita memakai tipe data Integer ?
karena Integer itu tipe data khusus untuk mengolah angka saja. Rumus matematika itu menggunakan banyak angka, bukan huruf.
- Dan ada kata “hasil”
hasil itu berperan sebagai apa ?
hasil itu perannya adalah variabel.
variabel adalah tempat untuk menyimpan sebuah data atau nilai/value pada memori yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah program dengan tipe tertentu. :D
hasil itu berperan sebagai apa ?
hasil itu perannya adalah variabel.
variabel adalah tempat untuk menyimpan sebuah data atau nilai/value pada memori yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah program dengan tipe tertentu. :D
- ada yang bingung sama kata “System.out.println(“”);” ? :D
code program tersebut berfungsi untuk menampilkan output yang kita proses.
code program tersebut berfungsi untuk menampilkan output yang kita proses.
Kode diatas hanya untuk menampilkan rumus penjumlahan saja. Kita
mau nih bukan hanya penjumlahan saja, tetapi semua yang ada di rumus dasar. Tenang
saja, kalo kalian males ngetik, tinggal copy paste saja kode yang kalian ketik
pertama itu, lalu gantilah dengan rumus dasar yang lain.
Jika sudah diganti semua, kira kira seperti ini lah jadinya,
seperti gambar diatas ini.
*Catatan : jangan lupa
untuk save project kalian!
Nah, kita sudah selesai nih membuat class nya, sekarang kita
lanjut membuat main class nya.
4. Membuat main class
Untuk
membuat main class, kalian sama seperti membuat class. Klik kanan project
kalian lalu akan menampilkan seperti gambar di atas ini, lalu pilih new, lalu
pilih “java main class”.
Kita
harus memberi nama pada java main class kita. Sekali lagi, penamaan itu bebas
sesuka kalian yaaaaa…………
disini saya menamakan = aksimatematika.
Ingat nih,
penamaan main class sama seperti class, tidak boleh ada spasi/space.
jika sudah dinamakan main classnya, klik “Finish”
Gambar diatas adalah layer awal java main class.
“public static void main(String[] args)” adalah fungsi main dimana public pada bagian ini berarti bahwa metode-metode dapat dipanggil didalam dan juga diluar kelas.
“Static” sendiri berarti sama untuk
seluruh instant dari kelas.
“void” sendiri berarti bahwa metode
tidak akan mengirim apapun setelah selesainya.
Fungsi “main” ini berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi.
Fungsi “main” ini berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi.
Sekarang kita lanjut
ke coding main class
Ketikkan seperti pada gambar diatas.
kode diatas hanya untuk memroses penjumlahan saja. Lakukan seperti di tahap
java class.
Seperti inilah kira kira jika sudah semua rumus di masukkan.
Masalah angka, itu bebas sesuka kalian mau memasukkan angka
berapa hehe :D
*catatan : jangan lupa
save file kalian!
Selesai sudah kita membuat Java Main Class.
ngomong ngomong soal Java Class dan Java Main Class, apa kalian tau
perbedaannya ?
Class merupakan sebuah bagian dari program , yang memiliki
semua atribut atribut seperti halnya yang dimiliki oleh program biasa akan
tetapi class tidak bersifat “Main” atau utama, sehingga sebuah class tidak akan
bisa dirun dan dieksekusi tanpa menggunakan main class, atau class utama.
Main Class merupakan bagian dari program yang memiliki sumua
atribut yang dimiliki oleh program biasa dan main class ini bersifat utama.
5. Finishing
Jika semua sudah
dilakukan dan tidak ada yang salah dari semua yang kita ketik, kita akan
melakukan tahap run/menjalankan project yang kalian buat.
Untuk menjalankan file project kalian, klik kanan pada java
main class kalian, lalu pilih “Run File” atau bisa juga dengan keyboard “SHIFT
+ F6”
Jika sudah di klik,
Akan menampilkan hasil dari proses rumus matematika dasar di bagian paling bawah yang kalian coding seperti gambar diatas. :D
Demikian dari saya, semoga bermanfaat bagi orang lain,
terutama yang baru tau tentang java hehe :D jika ada kesalahan mohon dimaafkan.
Bye brayyy!!!
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon